Terapkan Strategi Blue Ocean ala Renee Bourgne Dalam Bisnis

Jika anda sudah lama terjun ke dunia bisnis apalagi jika sudah memiliki usaha yang cukup besar, maka nama Renee Bourgne mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Renee Bourgne adalah pencetus sekaligus pembuat buku Blue Ocean Strategy atau Strategi Blue Ocean yang kini banyak diterapkan oleh para pebisnis ataupun pengusaha – pengusaha.




Dalam bukunya, Renee berpendapat mengenai strategi Blue Ocean yaitu strategi dengan menciptakan pasar baru yang belum pernah dilirik atau dicoba oleh competitor. Renee dan W. Chan Kim selaku penulis buku Blue Ocean Strategy berpendapat bahwa perusahaan-perusahaan terkemuka berhasil bukan dengan memerangi pesaing, tapi dengan menciptakan "samudra biru" pasar baru yang belum matang pertumbuhannya. Strategi ini memanfaatkan sesuatu yang baru yang dikembangan terus menerus dengan biaya yang rendah sehingga tidak ada persaingan.

Lalu apa saja poin yang terdapat pada strategi bisnis Blue Ocean ini?
Fokus pada Pasar Yang Diminati Konsumen
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memfokuskan diri untuk terus mengamati dan menganalisis minat masyarakat setiap waktunya. Memang tujuannya adalah menghindari tren dan justru menciptakan tren baru. Namun anda tidak boleh nekat, sebaiknya liat dahulu bagaimana peluang pasarnya,berapa banyak peminatnya, jangan sampai nanti bisnis anda mati secara perlahan.

Buat Inovasi
Inovasi adalah sesuatu yang wajib anda lakukan dalam menjalankan bisnis dengan strategi Blue Ocean. Tanpa inovasi maka bisnis anda bukan menggunakan metode ini. Inovasi disini bukan hanya menciptakan sesuatu yang baru dari sesuatu yang sudah ada, bahkan jika bisa anda menciptakan sesuatu yang benar-benar baru namun sekiranya banyak peminatnya.

Buat Slogan Yang Unik
Slogan yang unik juga akan membantu promosi. Buat slogan yang menarik sehingga mudah dihapal dan diingat orang. Contohnya seperti perusahan besar Mc’Donald yang menggunakan slogan “I’m Lovin’ it” yang begitu ear catchy sehingga mudah diingat orang. Dengan slogan yang unik dan menarik bisnis anda akan semakin tertanam kuat di hati pelanggan.

Itulah beberapa strategi Blue Ocean ala Renee Bourgne. Anda mungkin bisa menerapkannya untuk bisa menang dalam berbisnis. Bukan dengan membuat sesuatu yang sama persis dengan pesaing tapi justru membuat inovasi baru yang sekiranya belum pernah terpikir oleh pesaing kita. Sudah banyak juga pengusaha Indonesia yang mencoba cara ini, diantaranya ada Rachman S Said yang menciptakan Bumie (Labu Mie), ada juga Bobby Handojo Gunawan yang sukses mengembangkan bisnis café & resto yang Ia beri nama Dream Cars Resto And Café yang berupa kafe dengan modifikasi mobil tua sebagai dasarnya, dan mungkin anda bisa menjadi pengusaha sukses selanjutnya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Terapkan Strategi Blue Ocean ala Renee Bourgne Dalam Bisnis "

Posting Komentar