Jika anda sudah lama terjun ke
dunia bisnis apalagi jika sudah memiliki usaha yang cukup besar, maka nama
Renee Bourgne mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Renee Bourgne
adalah pencetus sekaligus pembuat buku Blue Ocean Strategy atau Strategi Blue
Ocean yang kini banyak diterapkan oleh para pebisnis ataupun pengusaha –
pengusaha.
Dalam bukunya, Renee berpendapat
mengenai strategi Blue Ocean yaitu strategi dengan menciptakan pasar baru yang
belum pernah dilirik atau dicoba oleh competitor. Renee dan W. Chan Kim selaku
penulis buku Blue Ocean Strategy berpendapat bahwa perusahaan-perusahaan
terkemuka berhasil bukan dengan memerangi pesaing, tapi dengan menciptakan
"samudra biru" pasar baru yang belum matang pertumbuhannya. Strategi
ini memanfaatkan sesuatu yang baru yang dikembangan terus menerus dengan biaya
yang rendah sehingga tidak ada persaingan.
Lalu apa saja poin yang terdapat
pada strategi bisnis Blue Ocean ini?
Fokus pada Pasar Yang Diminati Konsumen
Hal pertama yang harus anda
lakukan adalah memfokuskan diri untuk terus mengamati dan menganalisis minat
masyarakat setiap waktunya. Memang tujuannya adalah menghindari tren dan justru
menciptakan tren baru. Namun anda tidak boleh nekat, sebaiknya liat dahulu
bagaimana peluang pasarnya,berapa banyak peminatnya, jangan sampai nanti bisnis
anda mati secara perlahan.
Buat Inovasi
Inovasi adalah sesuatu yang wajib
anda lakukan dalam menjalankan bisnis dengan strategi Blue Ocean. Tanpa inovasi
maka bisnis anda bukan menggunakan metode ini. Inovasi disini bukan hanya
menciptakan sesuatu yang baru dari sesuatu yang sudah ada, bahkan jika bisa
anda menciptakan sesuatu yang benar-benar baru namun sekiranya banyak
peminatnya.
Buat Slogan Yang Unik
Slogan yang unik juga akan
membantu promosi. Buat slogan yang menarik sehingga mudah dihapal dan diingat
orang. Contohnya seperti perusahan besar Mc’Donald yang menggunakan slogan “I’m
Lovin’ it” yang begitu ear catchy sehingga mudah diingat orang. Dengan slogan
yang unik dan menarik bisnis anda akan semakin tertanam kuat di hati pelanggan.
Itulah beberapa strategi Blue
Ocean ala Renee Bourgne. Anda mungkin bisa menerapkannya untuk bisa menang
dalam berbisnis. Bukan dengan membuat sesuatu yang sama persis dengan pesaing
tapi justru membuat inovasi baru yang sekiranya belum pernah terpikir oleh
pesaing kita. Sudah banyak juga pengusaha Indonesia yang mencoba cara ini,
diantaranya ada Rachman S Said yang menciptakan Bumie (Labu Mie), ada juga Bobby
Handojo Gunawan yang sukses mengembangkan bisnis café & resto yang Ia beri
nama Dream Cars Resto And Café yang berupa kafe dengan modifikasi mobil tua
sebagai dasarnya, dan mungkin anda bisa menjadi pengusaha sukses selanjutnya.

Belum ada tanggapan untuk "Terapkan Strategi Blue Ocean ala Renee Bourgne Dalam Bisnis "
Posting Komentar